10 Perusahaan Tertua di Dunia

1. Kongo Gumi - 578 M



Kongo Gumi adalah sebuah perusahaan kontruksi Jepang. Pertama kali didirikan pada tahun 578 M dan berlokasi di Osaka. Perusahaan Kongo Gumi menjadi perusahaan tertua yang ada di Dunia. Kongo Gumi telah beroperasi selama 1400 tahun, hingga akhirnya mengalami likuidasi di tahun 2006.

Kongo Gumi didirikan oleh keluarga Kongo dan diketahui mempekerjakan karyawan sebanyak lebih dari 100 orang dan mendapatkan pendapatan pertahunnya mencapai ¥ 7,5 triliun ($ 70 juta) di tahun 2005. 

Kemampuan bertahan Kongo Gumi sangat mengagumkan. Kongo Gumi tak hanya menjadi perusahaan pembuat candi, tetapi juga pembuat peti mati. Tak hanya itu, pada saat masa-masa krisis, Kongo Gumi berhasil melakukan berbagai inovasi. Ketika Kongo Gumi tak lagi melihat kayu sebagai material yang mampu bertahan dari berbagai ancaman mulai dari gempa bumi, api, hingga perang, Kongo Gumi berhasil berinovasi dengan membuat metode konstruksi baru menggunakan beton. 

Setelah tak lagi bisa bertahan dari utang masif sebagai akibat dari krisis yang menimpa Jepang pada tahun 1980-an, Kongo Gumi kini adalah anak perusahaan dari Takamatsu Construction Group setelah dibeli pada 2006 lalu.


2. Nishiyama Onsen Keiunkan - 705 M



Nishiyama Onsen Keiunkan adalah hotel yang terletak di Yamanashi, Jepang dan berhasil masuk dalam Guinness Book of Records sebagai hotel tertua di dunia. Hotel ini didirikan pada tahun 705 M dan telah berusia lebih dari 1.300 tahun dan dikelola oleh keturunan Fujiwara Mahito. Memiliki kamar sebanyak 37 kamar, restoran, dan sebuah teras untuk melihat indahnya pemandangan sekitar. 

Dikelola secara turun temurun oleh Keluarga Fujiwara Mahito. Air panas yang digunakan oleh Nishiyama Onsen Keiunkan berasal dari Pegunungan Akaishi.

Hotel ini tetap dimodernisasi sesuai dengan perkembangan zaman. Bahkan, Nishiyama Onsen Keiunkan pernah mengalami renovasi besar-besaran pada tahun 1997. Meskipun begitu, gaya arsitekturnya masih tetap dijaga agar sama dengan arsitektur aslinya. Untuk menginap di sini, tarif per malamnya dipatok sekitar 487 dolar Amerika Serikat (AS) atau setara Rp 7 juta.


3. Koman - 717 M



Koman adalah sebuah hotel tua dan sederhana yang berada di Kinosaki, Jepang. Hotel ini didirikan di tahun 717 M dan membuatnya menjadi hotel tertua kedua di Jepang setelah Nishiyama Onsen Keiunkan. 

Yang membangun hotel ini adalah Gonnokami Hiuke. Ia membuat Koman Hotel setelah ia mendapatkan mimpi tentang 4 dewa Jepang. Di dalam mimpi tersebut, sang dewa berpesan agar Gonnokami Hiuke tinggal di sebuah tempat bersama dengan keluarga besarnya. Lalu Gonnokami Hiuke membangun sebuah hotel dan di dekatnya dibangun juga sebuah kuil yang didedikasikan untuk para dewa.

Yang membuat koman tetap bertahan hingga sekarang adalh kekhasan dari hotelnya yang bernuansa ryokan atau hotel tradisonal Jepang, dengan tambahan kamar mandi komunal dengan tikar tatami.  


4. Hoshi Ryokan - 718 M



Perusahaan ini awalnya merupakan penginapan tradisional yang didirikan keluarga Hoshi yang terletak di Perfektur Ishikawa, Jepang. Sudah dikelola sejak tahun 718 M dan penginapan ini telah berusia lebih dari 1300 tahun. Ini menjadikannya sebagai salah satu hotel tertua yang ada di Jepang menemani Nishiyama Onsen Keiunkan dan Koman Hotel.

Sudah disebutkan bahwa Hoshi Ryokan dikelola secara turun temurun oleh Keluarga Hoshi. Tetapi yang mengurus Hoshi Ryokan Sebanyak 46 generasi Keluarga Hoshi. 

Hotel ini mempunyai kamar yang sangat tradisional yang sudah digunakan selama satu abad lebih, jangan khawatir kalau ada bangunan yang rusak atau kotor di dalam kamar hotel, karena orang jepang dikenal sebagai orang yang bersih. itulah yang membuat hotel Hoshi Ryokan masih bertahan hingga sekarang.


5. Genda Shigyo - 771 M




Perusahaan kertas yang tertua di dunia berasal dari negara sakura Jepang, yaitu Genda Shigyo. Genda Shigyo merupakan perusahaan produsen kertas yang berdiri sejak tahun 771 M, yang berusia lebih dari 1250 tahun.

Genda Shigyo terletak di Kyoto, Jepang. Kertas yang dibuat Genda Shigyo biasanya digunakan untuk acara seremoni tertentu. Perusahaan ini secara historis membuat mizuhiki, produk tali dekorativ, warna-warni yang terbuat dari kertas yang dipilih. Bentuk dan fungsinya menyerupai pita, dan sering digunakan pada kartu ucapan di acara-acara besar. Terlepas dari banyaknya saingan dan masalah yang dihadapi, Genda Shigyo masih beroperasi hingga sekarang.


6. Staffelter Hof - 862 M




Staffelter Hof menjadi perusahaan tertua di Jerman yang berhasil masuk dalam daftar perusahaan tertua di dunia. Di Jerman Staffelter Hof menjadi perusahaan yang paling tua, tetapi dalam rank dunia Staffelter Hof hanya berada di urutan ke 6. 

Staffelter Hof adalah sebuah perusahaan produksi anggur atau wine yang dioperasikan oleh sebuah keluarga. Staffelter Hof berada di Krov, Jerman. Perusahaan ini sudah berdiri dari tahun 862 M. Di zaman dulu, wine hasil produksi Staffelter Hof sangat terkenal dan banyak dibeli oleh tentara Romawi. Sekarang mereka tidak hanya memproduksi anggur, tetapi juga menyediakan guest house hingga wisata di perkebunan anggur.


7. Monnaie de Paris - 864 M



Di Perancis bukan cuma soal busana dan Menara Eiffel saja, ada banyak bangunan bersejarah yang bisa dijumpai di sana. Salah satunya yaitu Monnaie de Paris. Monnaie de Paris adalah perusahaan tertua yang berada di Perancis. Perusahaan ini didirikan pada tahun 864 M.

Monnaie de Paris adalah perusahaan yang memproduksi koin yang digunakan sebagai mata uang di zaman dulu. Uang koin ini tersebar ke seluruh wilayah di Perancis. Bahkan saat Perang Dunia II terjadi krisis ekonomi, koin yang digunakan adalah koin buatan Monnaie de Paris. Kemudian Monnaie de Paris berganti memproduksi Euro setelah Perancis bergabung dengan European Union.  


8. Tanaka-Iga - 885  M



Tanaka-Iga adalah sebuah perusahaan yang memproduksi berbagai barang-barang yang berkaitan dengan agama Budha.

Perusahaan Tanaka-Iga telah berdiri sejak tahun 885 M, yang berlokasi Manjuji Nishinotoin di Shimogyo-ku. Mereka memproduksi barang-barang religius, terkhususnya untuk mereka yang menganut agama Buddha. Hampir semua produk yang dijual merupakan hasil produksi asli dari Tanaka-Iga. 


9. The Royal Mint - 886 M



Royal mint yaitu perusahaan yang memfasilitasi pembuatan koin dan medal di Inggris.  Berdiri di tahun 886 M menjadikan The Royal Mint sebagai perusahaan pencetak uang koin tertua yang ada di Inggris. Royal mint sepenuhnya dimiliki oleh kerajaan Inggris dan perusahaan ini selalu hadir untuk menyediakan koin alat rutak uang di kerajaan. 

Dengan teknologi yang semakin canggih, koin-koin yang dibuat oleh Royal mint jadi diedarkan ke semua daerah di Inggris. Perusahaan ini telah bertahan selama lebih dari 1000 tahun.

Perusahaan ini ternyata telah berubah fungsi menjadi museum. Yang namanya museum tentu saja terbuka untuk siapa saja yang ingin berkunjung. Meski dibuka untuk umum tidak membuat kalian bisa benar-benar melihat bagaimana caranya koin dibuat.


10. Nakamura Shaji - 970 M



Membahas tentang perusahaan tertua di Jepang ternyata banyak perusahaan tua yang berlokasi di Jepang. Nakamura Shaji menjadi salah satu perusahaan tertua di Jepang yang bergerak dalam hal konstruksi bangunan.

Nakamura Shaji berdiri pada tahun 970 M dan telah berusia lebih dari 1000 tahun. Yang berlokasi di Perfektur Aichi, Nakamura Shaji berfokus dalam hal perkayuan. Kayu yang diproduksi oleh Nakamura Shaji lalu digunakan untuk membangun kuil Buddha dan Shinto. Ketika perusahaan Kongo Gumi yang juga bergerak dalam hal konstruksi mengalami masalah, Nakamura Shaji menjadi perusahaan yang mengambil alih bisnis di bidang konstruksi.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

KEWIRAUSAHAAN