KEWIRAUSAHAAN

PENGERTIAN KEWIRAUSAHAAN 


    Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia  (KBBI), kata wirausaha merupakan gabungan dari dua kata yang masing-masing memiliki arti, wira dapat diartikan sebagai pahlawan atau laki-laki, sedangkan kata usaha merupakan sebuah kegiatan dengan mengerahkan tenaga dan pikiran untuk mencapai suatu maksud. Maka kata wirausaha, dapat diartikan sebagai seorang yang melakukan sesuatu dengan segala kemampuannya untuk mencapai maksud tertentu.

    Kewirausahaan adalah semangat, sikap, perilaku dan kemampuan seseorang dalam menangani usaha atau kegiatan yang mengarah pada upaya mencari, menciptakan serta menerapkan cara kerja, teknologi dan produk baru dengan meningkatkan efisiensi dalam rangka memberikan pelayanan yang lebih baik dan atau memperoleh keuntungan yang lebih besar.

Ada pula pengertian kewirausahaan menurut para ahli, yaitu sebagai berikut:

1. Richard Cantillon 

    Wirausaha ialah seorang yang sanggup menghadapi risiko dan ketidakpastian karena mereka memproduksi barang dengan biaya tertentu dan menjual kembali barang tersebut dengan harga tertentu.

2. Thomas W. Zimmerer

    Kewirausahaan adalah penerapan inovasi dan kreativitas untuk memecahkan masalah dan memanfaatkan peluang yang orang lain hadapi setiap hari.  

3. Albert Shapero 

    Wirausaha ialah orang yang berinisiatif dan dapat mengorganisasi atau mengorganisasikan kembali mekanisme ekonomi untuk mewujudkan sumber dan situasi yang lebih pratikal serta sanggup menghadapi risiko atau kegagalan.


TUJUAN KEWIRAUSAHAAN 

    Kewirausahaan mempunyai proses yang dinamis guna menciptakan sesuatu yang disertai tenggang waktu, modal, sumber daya serta risiko. Kewirausahaan ialah sebuah proses untuk mengembangkan, mengidentifikasi, mewujudkan visi serta misi dalam kehidupan.

Adapun tujuan kewirausahaan sebagai berikut:

1. Meningkatkan jumlah wirausaha yang berkualitas.

2. Menumbuhkembangkan kesadaran berwirausaha yang tangguh dan kuat di masyarakat.

3. Meningkatkan kemampuan para wirausaha untuk mencapai kemajuan. 


KONSEP DASAR KEWIRAUSAHAAN 

    Dalam berwirausaha perlu konsep dasar kewirausahaan yang perlu dipahami dengan baik agar bisnis dapat berjalan dengan lancar. 

1. Kemampuan untuk bergerak cepat (Agility)

    Merupakan kemampuan yang dimiliki seseorang untuk mengubah arah dengan cepat dan tepat pada waktu ia bergerak tanpa kehilangan keseimbangan, sehingga dapat beradaptasi dan bertahan dengan segala perubahan zaman.

2. Daya tahan (Endurance)

    Daya tahan atau Endurance menyatakan keadaan yang menekankan pada kapasitas kerja secara terus menerus. Daya tahan sangat dipengaruhi oleh kelancaran produksi dan penjualan. 

3. Kecepatan 

    Kecepatan adalah kemampuan seseorang dalam melakukan gerakan berkesinambungan dalam waktu sesingkat-singkatnya. Seorang wirausaha, harus memiliki kecepatan dalam berinovasi untuk mengikuti perkembangan pasar dan mampu melaju melebihi pesaingnya. 

4. Kelenturan (Fleksibilitas)

    Kelenturan adalah mampu menyesuaikan kehidupan dimanapun tempatnya (beradaptasi). Seorang wirausahawan, harus memiliki kemampuan beradaptasi yang baik dan harus mampu memaksimalkan potensi ruang yang ada untuk melakukan usaha.

5. Kekuatan (Strength)

    Kekuatan merupakan salah satu unsur kondisi fisik yang sangat penting dalam merespon kegiatan kewirausahaan, karena dapat membantu meningkatkan fungsi komponen-komponen seperti kecepatan, kelincahan dan ketepatan.


MANFAAT KEWIRAUSAHAAN 

1. Membuka lapangan kerja baru

    Dengan adanya seorang wirausaha yang membuka usaha, maka ia juga turut membuka lapangan kerja bagi tenaga kerja yang membutuhkan. 

2. Ikut membantu dalam pertumbuhan ekonomi 

    Wirausaha berperan dalam pertumbuhan ekonomi dengan memperkenalkan teknologi, produk, dan layanan yang inovatif. Wirausaha juga memberikan kesempatan kerja baru yang dapat membantu ekonomi dengan meningkatkan pendapatan nasional.

3. Dapat mengembangkan cita-cita dan usaha yang disukai

    Wirausaha dapat dilakukan sesuai dengan bidang yang disukai, dengan melakukan bisnis yang disukai maka bisa menjalankan bisnis tersebut dengan senang hati.  

Komentar