EKONOMI

PENGERTIAN EKONOMI 




    Kata ekonomi berasal dari bahasa Yunani, yaitu oikos yang artinya "keluarga, rumah tangga" dan nomos yang artinya "peraturan, aturan, hukum".  Ekonomi adalah ilmu sosial yang mempelajari perilaku manusia dalam mengelola sumber daya yang terbatas dan menyalurkannya kedalam berbagai individu atau kelompok yang ada dalam suatu masyarakat. 

Ada pula pengertian ekonomi menurut para ahli, sebagai berikut:
1. Abraham Maslow
  Ekonomi merupakan suatu bidang keilmuan yang bisa menyelesaikan permasalahan kehidupan manusia dengan melalui penggemblengan seluruh sumber ekonomi yang tersedia berdasarkan pada teori dan prinsip-prinsip dalam suatu sistem ekonomi yang memang dianggap efisien dan juga efektif.
2. Adam Smith
    Ekonomi adalah sebuah penyelidikan mengenai suatu keadaan dan sebab adanya kekayaan negara.
3. Hermawan Kartajaya
    Ekonomi adalah suatu wadah di mana sektor industri melekat di atasnya. 
4. Robbins
  Ekonomi adalah sebuah studi mengenai perilaku manusia sebagai hubungan antara tujuannya dihadapkan dengan ketersediaan sumber daya untuk mencapai tujuan tersebut. 


PRINSIP EKONOMI 

    Pada prinsipnya ekonomi digunakan untuk memenuhi permintaan tak terbatas dengan sumber daya yang terbatas. Prinsip ekonomi juga dapat berarti pilihan yang dibuat konsumen dan faktor perilaku yang memepengaruhi pilihan tersebut.
    
    Manfaat prinsip ekonomi sendiri yaitu, mengoptimalkan sumber daya yang ada untuk memperoleh keuntungan maksimal, memperkecil risiko  kerugian atau kerusakan, mencapai hasil kerja yang terjamin mutunya untuk memenuhi tingkat kepuasan pelaku ekonomi.


SUMBER EKONOMI 

  • Sumber yang berasal dari alam, seperti : minyak bumi, hasil pertambangan, air, dan lain-lain
  • Sumber yang berasal dari manusia, seperti : tenaga, kemampuan mental, keterampilan dan lain-lain.
  • Sumber yang berasal dari buatan manusia, seperti : gedung atau bangunan, mesin, barang-barang modal dan lain-lain.
  • Sumber Entrepreneurship atau kepengusahaan. Karena kegiatan produksi tidak akan terjadi dengan sendiri, maka harus ada pihak-pihak yang berusaha untuk mengelola sumber-sumber tersebut sehingga bisa menghasilkan produk dan jasa. 




Komentar

Postingan populer dari blog ini

KEWIRAUSAHAAN